Apa itu Cardano?

Mengenal Cardano (ADA): Arti, Kelebihan, Cara Kerja, dan Manfaat | Gudang Berita

Mengenal Cardano (ADA): Arti, Kelebihan, Cara Kerja, dan Manfaat
cardano-adalah
Quickly maximize timely deliverables for real-time schemas. Dramatically maintain clicks-and-mortar solutions without functional solutions.

Halo Gudangers, Gudiz pada artikel ini akan membahas coin-coin selain Bitcoin dan ethereum, Berbeda dengan saham, emas, dan properti, mata uang digital merupakan salah satu tujuan investasi yang cukup menggiurkan. Sebut saja Bitcoin yang populer, Cardano atau (ADA) cryptocurrency adalah mata uang kripto yang memberikan keuntungan menarik.

Bukan hanya harganya yang masih relatif terjangkau, Cardano telah menggunakan teknologi yang sangat menjamin keamanan serta kemudahan metode mining serta transaksi.

Yuk, simak rangkuman Gudiz tentang mata uang kripto tersebut di artikel berikut kali ini!

” Cardano juga menggunakan teknologi yang lebih menjamin keamanan serta kemudahan proses mining serta transaksi. “

Apa itu Cardano?

Apa itu cardano ? Merujuk pada artikel yang di muat oleh Yahoo Finance, cryptocurrency Cardano dirilis tahun 2015 dan populer dengan simbol token ADA. Cryptocurrency ini diciptakan oleh Charles Hoskinson, seorang pegiat bidang matematika yang sekaligus entrepreneur. Nah, Hoskisson sebelumnya sudah berpengalaman dalam dunia mata uang kripto yaitu ketika ia bekerja sama dengan beberapa orang lainnya untuk menciptakan Ethereum (ETH). Seperti dilansir dari Investopedia, Cardano adalah blockchain pertama di dunia yang bersifat peer-reviewed. Peer-Reviewed Process adalah proses di mana jurnal menilai kualitas naskah sebelum diterbitkan, ditinjau oleh para ahli yang relevan di bidangnya untuk mereview dan mengomentari naskah yang diterima itu. Orang-orang yang bertanggung jawab dalam organisasi Cardano merupakan akademisi dan saintis yang aktif mereview protokol blockchain ini sebelum ia dirilis.Cardano tergolong ke dalam generasi ketiga cryptocurrency, sehingga dianggap salah satu yang paling mutakhir saat ini.

apa-itu-cardano

Dengan teknologi yang sudah lebih  maju, ia dipercaya dapat memberi solusi bagi banyak permasalahan yang dialami penambang Bitcoin dan Ethereum sebagai generasi pertama dan kedua mata uang kripto. Selain itu, Cardano hari ini juga dikenal sebagai cryptocurrency Proof of Stake (PoS).

Mengenal Proof of Stake

Proof of Stake adalah salah satu dari dua mekanisme regulasi proses transaksi mata uang kripto. Mekanisme ini merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu Proof of Work. Dengan mekanisme PoS Coin, protokol ini memungkinkan penambangan berdasarkan jumlah koin yang ia miliki. Jadi, sistemnya lebih efisien yang biasa kita kenal staking cardano.

Ini dia beberapa fakta dan statistik Cardano yang membuatnya semakin populer.

Keunggulan dari Cardano

Dengan memahami keunggulan Cryptocurrency yang sudah muncul cardano adalah jalan membuat kalian para Gudangers lebih mengerti tentang kecanggihan teknologi yang digunakan Cardano hari ini.

Seperti yang sudah sedikit disebutkan sebelumnya, Bitcoin adalah generasi pertama, lalu disusul oleh Ethereum sebagai generasi kedua, dan Cardano pada generasi ketiga.

  1. Generasi pertama Yang tergolong ke dalam generasi pert
  2. Generasi kedua adalah Ethereum dan smart contract x`yang membuat persyaratan itu dapat diimplementasikan dalam proses transaksi. Hal ini bisa meminimalkan konflik dan membuat transaksi lebih transparan. Hanya saja, generasi kedua pun mempunyai masalah yaitu tidak adanya ketentuan untuk skalabilitas. Selain itu, sistem peraturan blockchain juga belum terencana dengan baik.
  3. Generasi ketiga dan kelebihannya Cardano saat ini adalah solusi bagi masalah-masalah yang sudah ada pada cryptocurrency generasi sebelumnya. Menurut Block Geeks, berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan Cardano sebagai cryptocurrency generasi ketiga:
  • kemampuan untuk beroperasi dalam perluasan lingkup (scalability)
  • interoperabilitas
  • keberlanjutan (sustainability)
  • telah melalui proses peer-review dan dinyatakan aman
  • proses staking dinilai mudah
  • harganya relatif murah

Cara Kerja Cardano

Platform Cardano terdiri dari dua lapisan (layer), yaitu Cardano Settlement Layer (CSL) dan Control LayerCSL dalam sistem Cardano adalah lapisan yang digunakan untuk mengatur transaksi ADA. Sementara, Control Layer-nya digunakan untuk mengatur kontrak sehingga transaksi lebih aman. Di pusat sistem operasi Cardano, terdapat Ouroboros, yaitu algoritma yang menjalankan protokol Proof of Stake yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan begitu, penggunaan energi dan waktu untuk membuat koin baru bisa lebih efisien.

Apa yang Dapat Kamu Lakukan dengan Cardano?

Seperti yang sudah Gudiz jelaskan, Cardano (ADA) adalah koin cryptocurrency generasi ketiga yang menawarkan banyak manfaat. Sebagai mata uang kripto yang dianggap paling mutakhir, ia dipercaya untuk memberikan solusi bagi berbagai permasalahan yang dialami peminat Bitcoin dan Ethereum.Meskipun demikian, apa yang sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh penambang dari cryptocurrency generasi ketiga tersebut. Apakah mata uang kripto satu ini masih relevan di tahun 2022? Berikut adalah penjelasannya, sesuai ungkapan Bankrate.

1. Investasi

Seperti halnya aset kripto yang lain, salah satu inisiatif yang bisa kamu lakukan dengan Cardano adalah berinvestasi.Per May 2022, Cardano berada dalam peringkat 10 besar aset kripto di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar dengan nilai sebesar $17.6 miliar ADA pun selalu konsisten pada peringkat 10 besar sejak ia diluncurkan pada tahun 2017 silam. Harga satu token Cardano per May 2022 adalah $0.5. Hal ini sudah turun jauh dari all time high nya yang berada di level $3.1 per agustus 2021, Meskipun kegunaan ADA saat ini masih terbatas, berbagai investor di dunia kripto memiliki kepercayaan tinggi terhadap proyek yang dirancang oleh Cardano.

2. Staking

Hal berikutnya yang dapat kamu manfaatkan dengan Cardano cryptocurrency adalah staking. Staking merupakan salah satu cara untuk meraih passive income menggunakan aset kripto. Langkah satu ini hanya bisa dilakukan dalam jaringan blockchain yang memanfaatkan sistem verifikasi proof-of-stake (PoS). Dalam proses staking, kamu akan mendepositkan uang ke dalam kumpulan dana yang nantinya digunakan validator untuk memverifikasi transaksi PoS. Dengan bergabung dalam kumpulan validator ini, kamu menjadi delegator untuk proses staking. Aset nantinya akan didelegasikan ke validator pilihanmu dan kamu akan mendapatkan insentif sesuai dengan proporsi uang yang didepositokan.

3. NFT

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan Cardano sebagai alat transaksi dan produk di dunia NFT. Sebagai blockchain yang memiliki fitur program smart contract, ADA membuka potensi di pasar NFT yang kian populer. Saat ini, kamu hanya bisa membeli NFT menggunakan ADA di beberapa marketplace kecil. Salah satu marketplace pertama dan terbesar yang menjual NFT Cardano adalah Cnft.io. Saat ini, ada sekitar 35 miliar koin cryptocurrency ADA yang beredar. Meskipun belum mengalahkan kapitalisasi pasar Bitcoin dan Ethereum, Cardano adalah investasi yang cukup menjanjikan. Bahkan, berdasarkan berita dari Money Week, Cardano berhasil menempati posisi ketiga setelah BTC dan ETH di tahun 2021.

Setelah memahami apa itu cryptocurrency Cardano (ADA), apakah para Gudangers jadi tertarik untuk membelinya? Pastikan jual dan beli coin kesayangan kalian lewat GudangKripto yah! Jadikan kami partner beraset ya Guys!

dan yang terakhir dan tidak kalah penting adalah Pastikan kamu melakukan analisis dan pertimbangan yang matang sebelum membuat keputusan ya!

Source : www.yahoofinance.com , www.investopedia.com


Tentang Perusahaan

PT. Gudang Kripto Indonesia  merupakan perusahaan yang mengelola platform exchange aset kripto yang mempertemukan pembeli dan penjual aset kripto.  Terfokus pada sentralisasi perdagangan aset kripto untuk skala luas. Mengutamakan mekanisme transaksi Jual dan beli aset kripto aktif selama 24 jam dalam sehari serta 7 hari dalam seminggu. Platform mengijinkan Anda untuk memiliki privilege dengan keuntungannya masing-masing yaitu sebagai Basic Member dan Verified Member, dimana keduanya memiliki hak tertentu untuk melakukan transaksi.


[email protected]



PT Gudang Kripto Indonesia

Jalan Ciputat Raya Nomor 28B, Kel. Kebayoran Lama Selatan, Kec. Kebayoran Lama,
Kota Adm. Jakarta Selatan, DKI Jakarta. 12240.