Apakah itu Ethereum ? | Gudang Berita

apakah-itu-ethereum

Halo Gudangers, Gudiz kali ini akan bahas sedikit mengenai ethereum, atau saingan utama bitcoin untuk saat ini. Jadi apakah itu ethereum, sebenernya koin yang satu ini? Apa fungsinya? Kita bahas dibawah yuk!

Dunia kripto semakin berkembang pesat. Kemunculan Bitcoin ciptaan Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 mendorong inventor lain untuk menciptakan lebih banyak jenis mata uang kripto. Menurut data CoinMarketCap, saat ini terdapat 19ribu jenis mata uang kripto dan 526 exchanger dan gudang kripto akan menjadi salah satunya lho! Salah satu mata uang kripto yang bersaing erat dengan Bitcoin adalah Ethereum. Melansir halaman Forbes, para ahli memperkirakan harga Ethereum dapat mencapai US$5.000 per ether sebelum akhir tahun 2021 kemarin namun all time highnya berada pada $4868 dan di prediksi akan meroket hingga lebih dari US$50.000 pada tahun 2030.

“Ethereum adalah platform perangkat lunak terdesentralisasi yang juga menciptakan mata uang kripto bernama Ether (ETH). Harga Ethereum terbaru adalah US$1,880.03 atau sekitar Rp27,3 juta. “

Apakah itu Ethereum ?

Ethereum adalah basis piranti lunak terdesentralisasi yang memungkinkannya Smart Contracts and Distributed Applications (DApps) dibuat dan digerakkan tanpa waktu henti (downtime), penipuan, kontrol, atau masalah dari pihak ke-3 . Pengertian ini tertera dalam buku Ekonomi dan Usaha Digital. Mencuplik Dasar Investasi dan Trading Cryptocurrency, Ethereum sendiri membuat sebuah jaringan blockchain yang fokus pada coin Ethereum. Beberapa developer coin dapat membuat coinnya masing-masing di atas jaringan Ethereum. Riwayat Ethereum Mencuplik buku Ethereum for Dummies, Di tahun 2013, Vitalik Buterin, salah satunya pendiri Bitcoin Magazine, melaunching laporan sah yang menyarankan implikasi blockchain baru yang lebih fungsional. Proposal itu sebagai cikal akan Ethereum blockchain. The hebat 5 reef-safe sunscreens for 2022 Sesudah memancing ketertarikan beberapa orang dan memperoleh support tehnis dan keuangan, Ethereum Foundation dibuat. Ini sebagai organisasi nirlaba dari Swiss sebagai pengembang Ethereum.

ilustrasi-koin-ethereum
Sumber : cointelegraph

 

Fitur Ethereum

Selainnya sebagai tipe mata uang kripto, Ethereum mempunyai spesifikasi smart contract untuk pastikan kredibilitas di semua node. Tiap code yang dilakukan pada satu node dilakukan secara sama kesemua node. Mekanisme itu memungkinkannya Ethereum untuk menebarkan beragam program. Mengarah buku Mastering Ethereum, basis Ethereum memungkinkannya pengembang untuk membuat program terdesentralisasi yang kuat dengan peranan ekonomi bawaan. Ethereum sanggup memberi kekuatan audit, transparan, dan netralitas. Ethereum kurangi sensor dan resiko tertentu. Berdasar buku Blockchain dan Cryptocurrency Dalam Sudut pandang Hukum Di Indonesia Dan Dunia, Ethereum lakukan initial koin offering atau ICO di bulan Juni 2014 sampai 31 Agustus 2014. Sasaran penghimpunan dana waktu itu ialah US$16 juta dan terwujud pada periode saat yang ditetapkan. Basis Etherum melahirkan mata uang kripto bernama Ether (ETH) dan memulai diperjualbelikan pada 7 Agustus 2015. Harga waktu itu ialah US$2,83 atau sekitaran Rp41.035 per kepingnya. Bloomberg memberikan laporan, Ethereum mulai disukai di tahun 2017 saat initial koin offering atau ICO jadi terkenal. Harga waktu itu capai US$1.200. Reputasi Ethereum naik di tahun 2020 saat project decentralized finance (DeFi) berkembang. Banyak startup yang tertarik sama Ethereum. Peranannya sebagai pilar keuangan, pengendalian utang dan jaminan tanpa mengikutsertakan bank atau pialang.

 

Langkah kerja Ethereum

Langkah Kerja Ethereum Ethereum memakai ide transaksi bisnis yang terdesentralisasi (decentralized application/DApps). Mencuplik interviu Vitalik Buterin, salah satunya pendiri Ethereum, dalam situs Hir.harvard.edu, Ethereum bekerja sebagai basis di mana semuanya orang bisa mengupload code yang disebutkan smart contracts. Siapa saja bisa mengeluarkan smart contract atau mengirimi transaksi bisnis. Semua code bisa berjalan pada blockchain. Misalkan, bila seorang membuat suatu program lalu seseorang membuat program, karena itu ke-2 program bisa berhubungan. Lingkungan Ethereum terinterkoneksi hingga makin bertambah orang yang tergabung, makin luas jaringannya. Secara singkat, langkah kerja Ethereum dengan smart contracts sama dengan program computer yang jalan automatis sesuai perintah dalam kontrak. Karena diprogram, tidak ada pengawas yang diperlukan. Feature smart contracts tambah murah untuk dilakukan serta semakin aman. Sama dengan mata uang kripto lain, Ethereum memakai tehnologi blockchain. Tehnologi blockchain dipakai untuk mengonfirmasi semua transaksi bisnis. Kegiatan itu dicatat pada public ledger atau buku besar khalayak yang terbuka dan aman dan langsung dikenal. Agar diperjualbelikan, mata uang Ethereum yang disebutkan Ether harus lewat proses mining, yakni perlakuan menambah transaksi bisnis ke blockchain hingga semuanya orang bisa menyepakati serangkaian transaksi bisnis yang serupa. Ether bisa dipakai sebagai mata uang digital dalam transaksi bisnis keuangan atau sebagai investasi. Elemen Ethereum Diringkas dari buku Mastering Ethereum, berikut elemen Ethereum:

  • P2P Network: Ethereum berjalan pada jaringan khusus.
  • Consensus rules: Ketentuan kesepakatan Ethereum diartikan dalam detail rekomendasi.
  • Transactions: Pesan jaringan yang mengikutkan pengirim, yang menerima, nilai, dan muatan data.
  • State Machine: Diolah oleh Ethereum Virtual Machine (EVM), mesin virtual berbasiskan stack yang menyelesaikan bytecode. Program EVM yang disebutkan “smart contracts” dicatat dengan bahasa tingkat tinggi dan dikompilasi ke bytecode untuk dilakukan pada EVM.
  • Data structures: Diletakkan secara lokal pada tiap node sebagai database yang berisi transaksi bisnis dan mekanisme dalam susunan data hash seri yang disebutkan Merkle Patricia Tree.
  • Consensus algorithm: Ethereum memakai Nakamoto Consensus yang memakai block signature tunggal berurut.
  • Economy security: Ethereum sekarang ini memakai algoritme PoW yang disebutkan Ethash.
  • Clients: Ethereum mempunyai beberapa implikasi piranti lunak client yang bisa dioperasionalkan.

Jadi seperti itu Gudangers, kurang lebih dari kalian masih bimbang tidak? Dapat mencoba cek glossary kita yah, karena disitu banyak beberapa istilah yang relate dengan bitcoin, etherium, dan ada banyak token-token lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tentang Perusahaan

PT. Gudang Kripto Indonesia  merupakan perusahaan yang mengelola platform exchange aset kripto yang mempertemukan pembeli dan penjual aset kripto.  Terfokus pada sentralisasi perdagangan aset kripto untuk skala luas. Mengutamakan mekanisme transaksi Jual dan beli aset kripto aktif selama 24 jam dalam sehari serta 7 hari dalam seminggu. Platform mengijinkan Anda untuk memiliki privilege dengan keuntungannya masing-masing yaitu sebagai Basic Member dan Verified Member, dimana keduanya memiliki hak tertentu untuk melakukan transaksi.


[email protected]



PT Gudang Kripto Indonesia

Jalan Ciputat Raya Nomor 28B, Kel. Kebayoran Lama Selatan, Kec. Kebayoran Lama,
Kota Adm. Jakarta Selatan, DKI Jakarta. 12240.